PEMBELAJARAN MODEL E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO PADA MATA KULIAH KOSMOGRAFI MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI

  • Silvia Arianti FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Perkembangnya inovasi bidang teknologi, pembelajaran melalui komputer dapat terakses ke internet. Pemanfaatan teknologi tersebut selain sebagai upaya mengatasi permasalahan teknis pembelajaran, juga sebagai upaya menjawab masalah substansial pembelajaran yang dituntut dalam perubahan paradigma pembelajaran. Pembelajaran seperti ini disebut pembelajaran berbasis web biasa dikenal dengan istilah e-learning. Sistem online e-learning merupakan bentuk implementasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Perubahan paradigma tersebut yakni pengembangan diri peserta didik secara mandiri serta tuntutan kreativitas dan dinamika ilmu pengetahuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pustaka dan penelitian lapangan. Pada penelitian ini uji kelompok kecil dilakukan pada 4 mahasiswa dan uji coba kelompok besar melibatkan 8 mahasiswa pada program studi pendidikan geografi. Meskipun dikategorikan baik, namun secara umum ada penurunan sebesar 4,54%. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan skor total 79,04%, sedangkan hasil uji coba kelompok besar skor total yang diperoleh adalah 74,5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 4, 2020
How to Cite
ARIANTI, Silvia. PEMBELAJARAN MODEL E-LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO PADA MATA KULIAH KOSMOGRAFI MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 58-68, july 2020. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/162>. Date accessed: 05 aug. 2020.