PENGGUNAAN DIKSI PADA WACANA SEDERHANA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU HUKUM UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA)

  • Theresia Dessy Wardani FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Penggunaan diksi yang baik adalah yang sesuai dengan konteksnya. Ketepatan menggunakan diksi berpengaruh terhadap pesan yang disampaikan oleh penulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dalam wacana sederhana mahasiswa universitas PGRI Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskripsi kualitatif, dengan teknik yang digunakan adalah studi dokumen. Bentuk penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan ketepatan penggunaan diksi dalam wacana sederhana saat mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik studi dokumen. Sedangkan analisis data berupa analisis diksi, yaitu menganalisis diksi atau pemilihan kata yang tepat dalam wacana sederhanan mahasiswa universitas PGRI Palangka Raya.


Berdasarkan hasil analisis penggunaan diksi pada wacana sederhana mahasiswa universitas PGRI Palangka Raya, pada aspek penggunaan indra, penggunaan idiom, kata mirip ejaannya, kata-kata ciptaan sendiri, dan akhiran asing tidak ditemukannya aspek-aspek tersebut dalam wacana sederhana mahasiswa.


Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat penggunaan diksi pada wacana sederhana mahaiswa universitas PGRI Plaangka Raya pada aspek Penggunaan kata bersinonim dan homofon sebanyak 25 diksi. Penggunaan kata umum dan khusus sebanyak 7 diksi. Penggunaan kata denotasi dan konotasi sebanyak 20 diksi.  Penggunaan kata indra 3 diksi. Kata kerja dan kata depan 20 diksi. Kelangsungan pilihan kata 8 diksi.


Hasil analisis data pada wacana sederhana mahasiswa universitas PGRI Palangka Raya. Dapat diperoleh simpulan bahwa mahasiswa universitas PGRI Palangka Raya lebih banyak menggunakan diksi bersinonim pada wacana sederhana yang mereka buat. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari besarnya angka pada penggunaan diksi yaitu 25 diksi pada penulisan wacana sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 4, 2020
How to Cite
WARDANI, Theresia Dessy. PENGGUNAAN DIKSI PADA WACANA SEDERHANA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU HUKUM UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA). Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 69-79, july 2020. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/160>. Date accessed: 20 oct. 2020.