PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X/IIS 1 SMA NEGERI 6 PALANGKA RAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

  • Dedy Norsandi FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas X/IIS 1 di SMA Negeri 6 Palangka Raya, 2) mengetahui penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Geografi pada siswa kelas X/IIS 1 di SMA Negeri 6 Palangka Raya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus tetapi dalam satu siklus tujuan penelitian sudah dapat dicapai. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi, yang berlangsung selama empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pertemuan siklus pertama. Sasaran yang diperbaiki dalam penelitian tindakan kelas adalah objek penelitiannya yaitu: 1) Aktivitas belajar siswa, 2) Hasil belajar siswa, terhadap penggunaan model pembelajaran kontekstual pada pelajaran Geografi, sedangkan subyek penelitiannya adalah siswa kelas X/IIS 1 SMA Negeri 6 Palangka Raya tahun pelajaran 2018/2019, sebanyak 36 orang. Pengumpulan data aktivitas siswa dikumpulkan melalui metode tes dan observasi. Data-data yang dikumpulkan
dianalisis menggunakan análisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil análisis data yang diperoleh, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 85,36 pada siklus I. Untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,1 dan presentase ketuntasan klasikal siswa yaitu sebesar 83,1 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 17, 2019
How to Cite
NORSANDI, Dedy. PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X/IIS 1 SMA NEGERI 6 PALANGKA RAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 71-76, dec. 2019. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/152>. Date accessed: 20 apr. 2024.